Tempat wisata Tana Toraja sulsel merupakan wisata budaya penuh pesona yang menarik dikunjungi

Tempat wisata Tana Toraja sulsel merupakan wisata budaya penuh pesona yang menarik dikunjungi . Tana Toraja adalah suatu wilayah di kabupaten Tana Toraja yang terdapat di provinsi Sulawesi Selatan. Daerah Tana Toraja mempunyai topografi pegunungan dan perbukitan…yaitu di kaki gunung Sesean dan memiliki udara yang dingin dengan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!

Tana Toraja kaya akan keunikan seni dan budayanya, hal inilah yang membuat banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara datang berkunjung untuk menghabiskan waktu berlibur di Tana Toraja. Seni budaya yang paling terkenal di Tana Toraja adalah upacara adat Rambu Solo yaitu upacara adat kematian, dan juga Rambu Tuka yaitu upacara adat pernikahan. Selain karena seni dan budayanya, Tana Toraja juga banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya yang sangat mengagumkan, berbagai objek pariwisata banyak sekali bisa kita kunjungi diantaranaya, ke-te-kesu, gua londa, batutumonga, pallawa, dan masih banyak lagi.

Masih kuatnya adat istiadat yang masih diterapkan di Tana Toraja, membuat banyak wisatawan yang ingin melihat adat istiadat tersebut lebih dekat lagi, sehingga dapat merasakan langsung suasana sakral yang selalu terasa saat diadakannya upacara adat tersebut, terutama upacara adat kematian atau Rambu Solo.Upacara adat Rambu Solo biasa diadakan pada bulan-bulan tertentu, yaitu biasanya pada musim liburan keluarga yaitu sekitar bulan juni-juli dan bulan desember,  hal ini banyak disebabkan karena pada saat itu banyak keluarga yang dirundung duka ingin turut serta mengantarkan jenazah ke peristirahatan terakhirnya, oleh karena itu biasanya upacara adat ini sering diadakan pada waktu-waktu saat musim liburan panjang.

Dimana pada upacara ini akan banyak hewan-hewan yang akan di potong yaitu kerbau dan babi, karena sesuai dengan kepercayaan masyarakat Toraja secara turun temurun, semakin banyak hewan yang dipotong akan semakin cepat juga sang arwah orang yang meninggal mencapai surga. Namun hal ini adalah bentuk kepercayaan orang tua dahulu kala atau biasa disebut Aluk to-dolo. Karena saat ini sudah banyak orang Toraja yang memeluk agama Kristen dan agam Islam maka  adat istiadat ini masih banyak dipertahankan dan masih dijalankan karena untuk melestarikan adat budaya orang tua leluhur orang Toraja.

Lain halnya dengan upacara adat pernikahan atau Rambu Tuka, upacara ini biasa dilakukan tiap saat tergantung kesepakatan keluarga yang akan melaksanakannya, jadi tidak seperti upacara Rambu Solo yang biasa dilakukan pada bulan-bulan tertentu saja. Selain itu upacara Rambu Solo biasanya dirayakan lebih ramai dan lebih lama dari pada upacara Rambu Tuka, dan lebih menghabiskan biaya yang tidak sedikit pula.
Jika kita berkunjung ke Tana Toraja, banyak sekali objek-objek wisata yang bisa kita kunjungi, berikut adalah beberapa objek wisata di Tana Toraja yang bisa kita kunjungi :

Ke’te kesu
Di lokasi wisata ini kita dapat melihat banyaknya rumah adat orang Toraja yang berjejer lengkap dengan lumbung lumbungnya, yaitu tempat penyimpanan padi. Sedangkan rumah adat orang Toraja sendiri dinamakan Tongkonan. Indahnya seni budaya dan arsitektur dari rumah adat Toraja atau Tongkonan banyak bisa kita lihat dari  bentuk bangunan Tongkonan yang sangat unik dan juga tidak sembarang orang bisa membuat rumah adat ini, hanya tukang-tukang berpengalaman saja yang mampu membuatnya, dan itupun harganya mahal sekali. Disetiap tiang dari Tongkonan biasa terdapat tanduk kerbau yang dipajang ditiang tersebut, hal ini bisa menandakan juga kemampuan suatu keluarga dalam mempersembahkan jumlah kerbau yang di potong saat upacara adat kematian dari salah satu keluarganya.
Batutumonga

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds

Lokasi wisata ini banyak menunjukkan pemandangan alam yang sangat indah, sealain dari pada itu banyaknya batu-batu besar yang berada di batutumonga, yang menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain dari pada itu karena lokasinya yang tinggi maka kita dapat juga melihat indahnya kota Rantepao dari sini juga melihat alam pegunungan yang mengitarinya.
Area pemakaman Londa dan Lemo

Objek wisata Londa dan Lemo terkenal dengan area pemakaman di tebing-tebing terjal, dimana banyak orang Toraja yang memakamkan keluarganya di bebatuan atau tebing-tebing pegunungan yang terjal. Disini juga kita bisa melihat Tau-tau atau boneka-boneka yang sengaja dibuat menyerupai orang-orang yang sudah meninggal dan dikuburkan didalam lubang dari tebing atau bebatuan yang dipahat didalamnya.Di Lemo merupakan area pemakakan tebing bebatuan yang biasa disebut juga rumah arwah.  Bagi sebagian orang tempat ini memang cukup sakral dan menyeramkan, namun merupakan kekayaan budaya dan ciri khas dari orang Toraja yang harus dipertahankan.
Pallawa

Objek wisata Pallawa tidak berbeda jauh dengan lokasi Ke-te kesu karena disini juga banyak berjejer rumah-rumah adat Toraja atau Tongkonan, namun banyak dibuat diantara pepohonan bambu di bukit bukit. Juga menampilkan keindahan Tongkonan Toraja yang banyak dihiasi oleh tanduk-tanduk kerbau disetiap tiang-tiang didepan Tongkonan. Pemandangan yang disajikan sepanjang jalan menuju Pallawa juga sangatlah indah.

Demikian ulasan singkat mengenai pesona Tana Toraja di kaki gunung Sesean Sulawesi selatan,semoga artikel ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

MAU TAHU CARA DAPET UANG DARI INTERNET, Banyak yang sudah BERHASIL DAN SUKSES, anda mau juga: silahkan klik lin dibawah ini:

Komunitas Bisnis Online dan Internet Marketing Terbaik Di Seluruh Indonesia

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675