Rumah Adat Toraja Suatu Karya Seni Yang Indah Milik Anak Bangsa

Rumah adat Toraja merupakan suatu karya seni yang sangat indah yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, dan perlu untuk tetap dipertahankan dan dilestarikan. Rumah adat Toraja merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia dari sekian banyaknya kekayaan budaya dan seni yang dimiliki Bangsa Indonesia.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!

Tana Toraja adalah suatu satu daerah yang berada di propinsi Sulawesi Selatan, dimana dipropinsi ini terdapat suku lainnya selain suku Toraja yaitu suku Bugis dan Makassar. Letaknya yang cukup jauh dari kota Makassar yang dulunya bernama Ujung Pandang, yaitu sekitar 8 jam perjanalan darat. Tana Toraja merupakan suatu kabupaten yang berada di lereng gunung Sesean, sehingga udara disana sangat dingin namun sejuk.

Rumah adat Toraja biasa disebut Tongkonan oleh orang Toraja. Tongkonan merupakan rumah tradisional suku Toraja, terbuat dari bahan kayu yang kuat dan tahan lama serta bahan bambu yang merupakan bahan untuk menopang atapnya dan dipenuhi dengan ukiran dan gambar-gambar yang banyak mengandung makna bagi suku Toraja. Dimana lukisan dan gambar yang dibuat dengan warna yang khas yaitu warna hitam, putih, merah dan kuning. Keempat warna ini menjadi ciri khas bagi semua karya seni di Tana Toraja.

Kata Tongkonan itu sendiri berasal dari kata Tongkon yang artinya menduduki atau tempat duduk, yang diartikan bahwa Rumah Adat Toraja ini adalah merupakan suatu sarana berkumpul untuk duduk bersama berdiskusi, berkumpul dan membicarakan semua hal-hal mengenai kehidupan adat dan budaya.

Rumah Adat Toraja atau Tongkonan merupakan pusat kebudayaan bagi suku Toraja, dan juga pusat kehidupan sosial, karena semua ritual yang diadakan di Tana Toraja selalu dipusatkan di Tongkonan. Dalam satu komplek Rumah Adat Toraja biasanya selalu dilengkapi dengan adanya Tongkonan yaitu rumah tempat tinggal suku Toraja, Alang yang merupakan lumbung bagi suku toraja dan juga Lemba yang biasa juga merupakan lumbung.

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds

Atap dari Rumah Adat Toraja banyak terbuat dari alang-alang, ijuk ataupun serat dari pohon enau yang ditumpu dengan bambu dibawahnya. Namun ada pula atap Rumah Adat Toraja terbuat dari potongan bambu yang dibelah menjadi dua bagian yang disusun rapih namun saling terbalik sehingga mencegah air hujan masuk kedalam rumah. Ada yang menjadikan ciri khas bentuk Rumah Adat Toraja adalah bentuk dari atapnya yang menyerupai perahu dan selalu menghadap ke utara, hal ini dikaitkan dengan asal usul orang-orang Toraja.

Selain sebagai pusat kebudayaan dan pusat spiritual suku Toraja, Rumah Adat Toraja atau Tongkonan juga merupakan suatu lambang persekutuan bagi orang-orang Toraja. Rumah Adat Toraja juga dibangun hanya dengan susunan kayu yang saling dihubungkan tanpa adanya logam maupun bahan lainnya, hal ini juga yang membuat Rumah Adat Toraja menjadi kokoh danĀ  memiliki daya tahan yang sangat lama. Setiap detai dari bentuk ukiran seni dan ukiran dalam Rumah Adat Toraja memiliki filosfi dari kepercayaan dan kebanggaan sebagai orang Toraja yang diwariskan oleh leluhur mereka.

Rumah Adat Toraja biasanya selain dipenuhi dengan ukiran namun juga sering kali kita lihat dipenuhi oleh tanduk-tanduk kerbau yang banyak berderet dari atas ke bawah yang menghiasi tiang utama yang berada ditengah-tengah Rumah Adat Toraja atau Tongkonan. Hal ini juga merupakan lambang suatu status sosial kemampuan ekonomi bagi pemilik Rumah Adat Toraja tersebut. Karena banyaknya tanduk kerbau yang berderet menghiasi tiang dari Rumah Adat Toraja, juga menunjukkan banyaknya kerbau yang pernah dipotong saat upacara kematian bagi sanak saudara penghuni dari Rumah Adat Toraja tersebut. Karena setiap kerbau yang dipotong pada saat pemakaman sanak keluarga dari penghuni Tongkonan maupun saudara yang sedang merantau, tanduknya akan dipasang berderet disepanjang tiang utama yang ada di Rumah Adat Toraja.

Selain Rumah Adat Toraja, Tana Toraja juga memiliki seni budaya yang tinggi dan sangat unik dalam upacara pemakaman bagi orang Toraja. Pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang dingin dan sejuk adalah merupakan salah satu daya tarik dari Tana Toraja. Sehingga banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke Tana Toraja. Semoga informasi ini dapat berguna bagi

MAU TAHU CARA DAPET UANG DARI INTERNET, Banyak yang sudah BERHASIL DAN SUKSES, anda mau juga: silahkan klik lin dibawah ini:

Komunitas Bisnis Online dan Internet Marketing Terbaik Di Seluruh Indonesia

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675