Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur, Perkembangan burung lomba khususnya burung lovebird akhir akhir ini semakin marak lagi. Banyak penggemar burung kicau yang mulai menambah koleksinya dengan burung lovebird. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya dan selalu penuh gantangan untuk lovebird setiap diadakan lomba kicau burung.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!

Hal ini juga didorong oleh faktor tidak terlalu sulitnya jika kita memelihara burung lovebird jika dibandingkan burung lainnya, dilihat dari faktor daya tahan fisiknya, burung lovebird memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca jika dibandingkan burung pemakan biji bijian lainnya seperti kenari.

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

Faktor lainpun seperti urusan makanan untuk burung lovebird juga tidak terlalu sulit dan tidak rewel, selain makanan pokoknya berpa biji bijian, burung lovebird juga merupakan burung penyuka sayur sayuran dan daun daunan, seperti kangkung, toge/kecambah, jagung dll, yang semuanya juga banyak tersedia di pasar atau bahkan abang-abang tukang sayur.

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

Selain itu juga faktor untuk beternak burung lovebird juga tidak terlalu sulit, apalagi jika burung lovebird tersebut sudah berjodoh dan ternyata memiliki indukan yang subur. Nah faktor dalam menjodohkan burung lovebird merupakan faktor yang cukup penting.

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur. Dalam menjodohkan burung sebaiknya kita memilih calon indukan yang sudah cukup dewasa, yaitu sebaiknya diatas umur 8 bulang untuk betina, dan 1 tahun untuk jantan. Hal ini dikarenakan bahwa meskipun umur burung lovebird diatas umur tersebut adalah sudah memiliki kematangan gonad, atau sudah siap untuk memijah, sang induk siap bertelur dan sang jantan siap membuahi, sehingga proses penjodohan akan semakin cepat terjadi.

Karena jika kita menjodohkan disaat indukan dan jantang belum matang gonad atau belum matang kelamin, maka proses penjodohan akan semakin lama dan sulit, dan juga resiko kedua pasangan akan berkelahi akan semakin besar besar dan akhirnya penjodohan akan gatot alias gagal total, sukur sukur tidak ada yang jadi korban salah satunya.

Nah disaat kita mau menjodohkan kita bisa memilih indukan yang sudah cukup umur, dan memiliki perawakan yang bagus pula, dilihat dari sisi postur yang lebih besar dengan warna bulu yang lebih menyala. Dan juga kita harus memperhatikan lincah atau tidaknya serta rajin atau tidaknya burung lovebird tersebut ngekek, jangan memilih calon indukan yang banyak diam, (jika kita memilih dari suatu koloni lovebird).

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds

Jika kita memilih dari suatu koloni, sukur sukur juga jika kita bisa memergoki, ada dua pasang yang sedang berdekatan atau sering berdekatan, sehingga jika kita pilih keduanya sudah tidak sulit lagi untuk berjodoh, walaupun demikian kita tetap harus memilih indukan jantan dan betina. Jika kita belum paham cara membedakannya, kita bisa bertanya pada pedang burung tersebut.

Cara membedakan jantan dan betina bisa kita raba dari posisi capit udang yang ada dibawah anus burung lovebird, jika capit udang agak renggang dan lunak, besar kemungkinan burung lovebird tersebut adalah betina, namun jika capid udang rapat dan lebah keras, besar kemungkinan burung lovebird tersebut adalah jantan, hal ini merupakan salah satu indikator menentukan jenis kelamin burung lovebird, walaupun tetap tidak menjamin 100% keakuratannya, karena bisa juga salah.

Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur

Nah jika kita menjodohkan burung lovebird dari beda koloni, alias dari beda tempat, ini akan lebih sulit lagi, walaupun jika ternyata keduanya sudah matang kelamin dan cukup umur, maka proses penjodohan akan lebih mudah. Cukup dekatkan dahulu kedua burung lovebird satu sama lain dengan kandang terpisah, biarkan beberapa hari, jika sudah mulai berjodoh akan terlihat dari saat malam hari, keduanya akan tidur berdekatan atau berdampingan di pojok masing masing kandang. 

Nah jika kita amati beberapa hari sudah mulai seperti ini maka bisa segera kita gabungkan, namun dengan tetap memantau untuk beberapa jam, karena bisa saja mereka belum tentu berjodoh dan berkelahi, nah jika sudah berjodoh, sesaat kita gabungkan, keduanya akan tampak saling bersahutan dan tidak berkelahi, makan akan aman untuk kita tinggalkan berdua. Dan segera masukkan dalam kandang tersebut “glodok” yang sudah lengkap dengan bekas potongan/serutan kayu, yang banyak dijual di toko toko burung.

Jangan lupa, selama proses perjodohan kita juga bisa memberikan pakan dan multifitamin untuk meningkatkan birahi kedua calon indukan tersebut, seperti kangkung dan toge/kecambah, dan multifitamin yang banyak dijual di toko toko burung.

Nah demikian Cara menjodohkan lovebird dewasa beda umur agar cepat bertelur, semoga berhasil dan cepat menetas menghasilkan anakan loverbird, terimakasih.

Related post,
Harga-burung-lovebird-dan-perkembangan-beternak-lovebird-saat-ini

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675