Cara Memilih Calon Indukan Burung Kenari yang bagus dan Cara Menghasilkan anakan Kenari yang Berkualitas Bagus

Cara Memilih Calon Indukan Burung Kenari yang bagus dan Cara Menghasilkan anakan Kenari yang Berkualitas Bagus. Burung kenari adalah salah satu burung berkicau yang paling mudah untuk diternakkan. Oleh karena itu banyak orang yang berhasil dalam beternak burung kenari, walaupun memang tidak sedikit yang juga tidak beruntung dalam beternak burung kenari. Secara umum beternak burungĀ  kenari memang lebih mudah dibandingkan dengan beternak burung kicau yang lain, seperti burung Murai, burung Lovebird, dll.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!

Namun menurut saya pribadi karena mudah untuk beternak burung kenari, maka jika kita gagal dalam beternak burung kenari, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah factor dari burung tersebut. Jadi bukan dari factor manusianya, karena menurut pengalaman saya dalam beternak kenari hampir di semua tempat atau ruangan biasanya burung kenari tidak terganggu oleh situasi disekeliling, bahkan ditempat ramai dan banyak orang sekalipun, jika burung kenari sudah mencapai masa birahinya maka perkawinan itu akan terjadi. Hal ini sangat berbeda dengan burung kicau lainnya seperti burung Lovebird atau bahkan burung Murai yang jika sudah birahi dan akan kawin, namun jika ada gangguan dari sekelilingnya, seperti ada yang lewat, maka sering perkawinan itu menjadi batal dan tidak jadi.

Cara Memilih Calon Indukan Burung Kenari yang bagus dan Cara Menghasilkan anakan Kenari yang Berkualitas Bagus

Oleh karena alasan tersebut diatas maka sangatlah penting untuk kita terutama para pemula yang ingin memulai beternak burung kenari untuk memperhatikan calon burung kenari yang akan kita ternak. Agar hasil yang akan kita peroleh juga tidak mengecewakan dan akan berhasil menghasilkan anakan burung kenari yang sehat dan tentu saja yang produktif.

Dalam menentukan calon indukan hendaklah kita memperhatikan beberapa tips-tips yang harus kita perhatikan, agar calon indukan yang kita akan kawinkan adalah benar-benar calon indukan yang masih produktif, berikut adalah beberapa tips dalam memilih burung kenari yang baik untuk kita jadikan calon indukan, yaitu :

Pilihlah burung kenari yang umurnya masih muda
Umur burung kenari merupakan variable yang sangat penting dan sangat menentukan dalam keberhasilan kita beternak burung kenari. Saat membeli calon indukan kenari sangatlah penting untuk menanyakan berapa umur dari burung kenari tersebut, walau kebenarannya tidak dapat kita percaya 100%, karena tidak semua pedagang mau jujur untuk mengimformasikan berapa umur burung kenari tersebut. Tetapi paling tidak ada imformasi dari pedagangnya, namun ada baiknya kalau kita membeli ditempat pedagang yang sudah kita kenal.

Atau bisa juga kita membeli burung kenari dari saat masih muda atau dari anakan, sehingga kita bisa memperkirakan berapa umur burung kenari tersebut, dan kapan kita akan mulai menjodohkanya. Namun memang cara ini agak lama karena kita akan menunggu lagi sambil membesarkan burung kenari itu.

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds

Cara Memilih Calon Indukan Burung Kenari yang bagus dan Cara Menghasilkan anakan Kenari yang Berkualitas Bagus

Pilihlah burung kenari yang aktif
Bagaimana menentukan burung dalam keadaan sehat, adalah dengan mengamati beberapa lama burung tersebut jika dibandingkan dengan burung kenari lainnya. Pilihlah burung kenari yang gerakannya lincah dan bernafsu makan tingggi. Kita bisa membandingkan dengan burung kenari yang ada dalam satu kandang pemeliharaan, jadi pilihlah yang paling lincah dan giat makannya.

Pilihlah burung kenari yang berbadan montok atau berbobot
Dari bentuk tubuhnya kita bisa memilih burung kenari mana yang lebih baik badannya dibandingkan dengan burung kenari lainnya, karena dengan melihat bentuk dan ukuran tubuh dari burung kenari tersebut, kita bisa memprediksi burung kenari tersebut sehat dan bernafsu makan baik.
Pilihlah burung kenari yang sisik dikakinya tidak kering dan berbuku-buku

Kaki burung kenari yang terlihat cenderung kering dan berbuku-buku, menunjukkan burung kenari tersebut sudah memiliki umur yang dewasa, atau bahkan sudah tua dan sudah tidak produktif lagi atau sudah waktunya pension. Oleh karena itu pilihlah burung kenari yang kakinya terlihat cenderung tidak kering dan sisik pada kakinya tidak berbuku-buku atau bahkan berjamur.

Jangan memilih burung kenari yang dadanya tipis atau cenderung tajam

Hal ini sangatlah penting, karena dada burung kenari yang tipis dan dadanya cenderung tajam, menunjukkan burung kenari yang sangat tidak sehat, karena berpenyakit. Dikalangan peternak burung, hal ini hampir sama berlaku untuk semua jenis burung, oleh karena itu saat kita akan memilih burung yang akan kita ternak, diharuskan dan diwajibkan untuk selalu menangkap burung tersebut dan meraba bagian tulang dadanya. Dimana jika tulang dadanya cenderung tipis dan tajam, menunjukkan burung kenari yang tidak sehat, atau biasa dikalangan peternak burung disebut menderita TBC.

Penyakit ini cukup sulit disembuhkan dan memerlukan waktu yang sangat lama, bahkan berbulan-bulan, dan itupun belum tentu bisa sembuh. Walaupun demikian ada beberapa dari teman-teman sesame peternak, sudah berhasil menyembuhkan burung kenari yang terkena sakit TBC, walau dengan waktu yang lama dan memerlukan kesabaran yang extra untuk menyembuhkannya.

Demikian artikel ulasan dari Cara memilih Calon Indukan Kenari yang Sehat dan Produktif, semoga ulasan ini dapat bermanfaat, terutama untuk teman-teman yang baru pertama kali akan memelihara burung kenari dan membudidayakannya. Semoga berhasil, dan terimakasih untuk kunjugannya.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675