Cara budidaya kutu air daphnia dengan mudah untuk pakan anak ikan

Cara budidaya kutu air daphnia dengan mudah untuk pakan anak ikan, kutu air atau daphnia merupakan jenis mikro organisma yang termasuk dalam jenis udang planktonik, ukuran yang sangat kecil dari kutu air ini hingga sangat cocok untuk makanan berbagai jenis anakan ikan yang baru saja menetas.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
Cara budidaya kutu air daphnia dengan mudah untuk pakan anak ikan

Kutu air daphnia banyak sekali manfaatnya terutama untuk pertumbuhan anakan ikan yang baru saja menetas, karena kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk mempercepat pertumbuhan anakan ikan sebelum ia bisa memakan makanan yuang lebih besar seperti cacing rambut ataupun pelet.

Daphnia hidup biasa banyak di air yang tenang seperti rawa, danau, kolam ataupun kubangan kecil dari hasil limbah rumah tangga. Ada dua species yang paling umum yaitu D.pulex (kecil) dan D. magna (besar),  Kutu air  daphnia hidup direntang suhu antara 18 hingga 24 derajat celcius, dengan ph antara 6.7 hingga 9,2.

Daphnia merupakan filter feeder yang artinya daphnia dalam memperoleh makanannya adalah dengan cara menyaring microorganisme yang lebih kecil sejenis alga dan protozoa. Dan dalam hidupnya membutuhkan mineral dan air dengan salah satu unsur yang harus tersedia adalah kalsium sebagai bahan dasar untuk pembentukan cangkang daphnia.

Berikut dua Cara budidaya kutu air daphnia dengan mudah untuk pakan anak ikan, praktis dan mudah dilakukan dirumah.

– Cara pertama dengan menggunakan media kotoran ayam/kambing
1. Caranya sangat mudah, cukup sediakan ember dengan penampang besar, atau bisa juga kolam kecil, dan usahakan tidak terkena sinar matahari langsung.

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds

2. Kemudaia masukkan kotoran ayam/kambing dan ampas kelapa,  ke dalam air yang sudah disiapkan dan beri aerasi, agar kandungan oksigen terlarut didalamnya cukup untuk alga dan mikroorganisma lainnya sebagai bahan pakan untuk kutu air/ daphnia mudah tumbuh.

3. Biarkan beberapa hari, dan jika warna air sudah mulai kehijau-hijauan itu pertanda bahwa sudah mulai ada kehidupan didalamnya, sehingga kita bisa mulai memasukkan kutu air/daphnia hidup kedalam ember/kolam kecil tersebut.

4. Diamkan hingga beberapa hari dan kita akan melihat hasilnya, pertumbuhan kutu air/daphnia akan tumbuh dengan pesat.

5. Untuk menjaga agar kutu air/daphnia tumbuh dan berkembang, kita bisa memberikan pakan setiap satu minggu, cukup dengan perasan air kotoran ayam/kambing dan ampas kelapa. Begitu seterusnya hingga kutu air/ daphnia tetap berkembang biak dan bisa kita ambil untuk pakan anakan ikan kita.

Cara budidaya kutu air daphnia dengan mudah untuk pakan anak ikan

Jika kita sulit untuk menemukan atau tidak biasa dengan pakan berupa kotoran ayam/kambing, kita juga bisa mencoba membudidayakan kutu air/daphnia dengan media susu bubuk, caranya sama saja dengan cara diatas, namun kita hanya mengganti media kotoran ayam/kambing dengan susu bubuk. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675