Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya, Beternak atau membudidayakan ikan merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk saya selama ini. Sudah banyak juga mencoba membudidayakan  beberapa jenis ikan, diantaranya pembudidayaan ikan cupang, ikan koi, ikan mas koki,,,dan juga mencoba membudidayakan burung,

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!

Dalam kesempatan ini saya  akan mencoba men-sharing-kan pengalaman saya dalam hal budidaya ikan Discus. Beternak ikan Discus merupakan hal yang cenderung lebih sulit dibandingkan jika kita beternak jenis ikan yang lainnya. Karena ikan discus memang lebih rewel dalam banyak hal, baik itu ph air, suhu air, keadaan lingkungan sekitarnya, karena sebagian besar ikan ini lebih menyenangi lingkungan diluar akuarium yang suasananya lebih tenang dan tidak banyak dilalui oleh orang orang.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara AnakannyaCara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Jenis pakan juga sangat mempengaruhi kesehatan ikan discus dan juga warnanya,,,terutama untuk ikan discus yang cenderung berwarna merah muda atau lebih cerah, seperti red melon, pigeon blood, dll. Dimana pemberian pakan seperti beefheart akan sangat mempengaruhi dari kejernihan badan discus dan tentunya sangat berpengaruh terhadap kepekatan warnanya.
Pemberian pakan beefheart akan sangat berpengaruh terhadap warna ikan discus tersebut, dimana warnanya akan lebih cemerlang dan warna merahnya akan lebih keluar lagi dibanding jika kita cuma memberi pakan bloodworm saja.
Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Nah lain hal dengan ikan discus yang warnanya selain warna merah atau merah muda, seperti turqois, snackskin, cobalt, blue diamond, alenser, dll…..khusus untuk jenis jenis tersebut mengenai pakan tidak akan banyak berpengaruh terhadap warnanya,, jenis pakan hanya akan berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan badannya saja.

Berbicara mengenai pertumbuhan ikan discus,,,jika dalam suatu kelompok anakan kita akan memilih beberapa ekor saja,,seandainya jika kita akan membeli di pedagang, maka sangat dianjurkan pilihlah yang mempunyai badan atau bodi yang besar dan bongsor,,,meskipun biasanya harganya lebih mahal.

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds
Mengapa begitu ? Karena ikan discus yang badannya lebih kecil atau rata rata paling kecil diantara teman teman kelompoknya, akan sulit untuk tumbuh berkembang dikemudian hari, sering juga kita sebut” kuntet ”. jadi kalau membeli dalam kelompok jangan pernah membeli yang kecil meskipun harganya lebih murah.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Untuk membedakan jantan dan betina pada ikan discus menurut saya cukup sulit,,walau diantara teman teman sesama penangkar ikan discus,,memiliki metode masing masing untuk menentukan jenis kelamin ikan tersebut. Walaupun selama ini tidak ada satupun yang benar benar 100 % bisa menebak jenis kelamin dari ikan discus. Mungkin ini adalah seni nya beternak ikan discus, namun walaupun begitu biasanya kalau saya menentukan jantan dan betina kalau dari kelompok anakan ukuran 2 sd 3 in, biasanya lewat ukuran tubuh, dimana yang jantan akan cenderung lebih besar atau paling besar dan yang betina cenderung lebih kecil,,tapi hal ini juga tetap tidak menjamin keakuratannya.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Pada awal penjodohan ikan, kita bisa mengamati ikan mana yang sudah mulai birahi dan akan mulai kawin. Karena ikan discus akan mencari pasangannya sendiri. Jika kita amati selalu berdua dan sering mengusir ikan yang lainnya, maka kita sudah dapat memisahkan pasangan tersebut kedalam aquarium pemijahan dengan ukuran ideal 50x50x40cm.
Untuk persiapan pemijahan, endapkan air dulu selama 24jam, setelah siap masukkan media tempat bertelur, bisa paralon ukuran 3 in, atau cone kerucut yang biasa dijual dipedagang atau bisa juga keramik, nah setelah ikan kita masukkan kedalam aquarium, barulah kita bisa mengamati perilaku pasangan tersebut. Pada saat kita mengamati, dan ikan tersebut mulai mematuk matuk media tempat bertelur, maka bisa  diperkirakan tidak lama lagi ikan akan bertelur. Karena tindakan mematuk matuk media bertelur tersebut merupakan pertanda ikan tersebut sedang membersihkan tempat untuk mereka bertelur. 
Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Nah pada saat ikan bertelur, akan tampak bergantian dimana sang betina menempelkan telur dimedia, sedangkan sang jantan mengikuti gerakan yang sama sambil menyemprotkan sperma tanda sedang membuahi telur-telur tersebut. Setelah 1×24 jam jika telur-telur tersebut hidup dan berhasil dibuahi, akan menunjukkan tanda-tanda perubahan warna menjadi hitam, hal ini menandakan bahwa embrio didalam telur tersebut hidup dan berkembang. Setelah itu 1×24 jam berikutnya akan ditandai dengan mulainya telur tertsebut menetas satu persatu,,,,,walaupun sering kali juga terjadi dimana tidak semua telur akan menetas.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Pada tahap berikutnya sang indukan akan selalu bergantian untuk meniup kan oksigen kepada anaknya dan kadang sesekali mereka memasukkan anaknya kedalam mulutnya, namun kembali menyemburkan anaknya kemedia tempat bertelur. Hal ini dilakukan terus menerus dan bergantian hingga anaknya bisa berenang dan mengelilingi induknya untuk menyusu disekitar kulit induknya. Hal ini ditandai dengan warna indukan yang keduanya berubah menjadi lebih gelap, dimana perubahan warna ini menandakan indukan sedang mengeluarkan lendir disekitar tubuhnya sebagai bahan makanan bagi para anak-anaknya.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Seiring perkembangan anaknya kita sudah dapat memberi pakan tambahan yaitu berupa Artemia hidup pada saat anaknya sudah sebesar pentul korek api, hal ini sangat pentiing dilakukan agar supaya anakan tersebut sehat dan baik pertumbuhannya.

Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya . Setelah anakan tersebut berukuran 0.5 in, maka sudah dapat kita ganti Artemia dengan pakan bloodworm yang kita iris-iris kecil kecil ataupun kita beri beefheart. Seiring perkembangannya hingga anakan terebut beruskuran 3/4  sd  1 inci, maka mereka akan segera memisahkan diri dengan induknya untuk mencari kana sendiri, saat inilah kita sudah bisa memisahkan indukan dari anak-anaknya ke aquarium pemijahan berikutnya.

Untuk pemisahan ini sebaiknya indukan yang kita pindahkan, karena anakan masih rentan stress jika kita pindah-pindahkan ketempat lain. Demikianlah sekelumit pengalaman saya mengenai Cara Beternak Ikan Discus dan Memelihara Anakannya .

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675