Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat

Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat.  Hal ini sangatlah menentukan disaat kita akan memulai beternak burung kenari, karena beternak burung kenari cukup mudah bagi sebagian besar orang, namun ada juga yang tidak berhasil. Dimana factor utama yang sangat menentukan dalam memulai beternak burung kenari adalah factor dalam memilih calon indukan, oleh karena itu ada baiknya untuk membaca juga bahasan tersebut.

MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat

Cara beternak burung kenari

Hal yang paling menentukan dalam beternak burung kenari adalah jangan salah dalam memilih indukan. Baik dari sisi umur burung, kesehatan burung, kondisi fisik burung dan juga lebih baik lagi kalau kita mengetahui silsilah daripada burung kenari tersebut. Karena factor silsilah atau keturungan adalah salah satu factor yang cukup dominan dalam menghasilkan anakan yang berkualitas dan sehat.

Ukuran ideal kandang

Dalam beternak burung kenari perlu dipersiapkan kandang yang cukup memadai untuk bergerak daripada burung kenari tersebut, untuk ukuran tidak ada yang baku berapa sebaiknya, namun dari pengalaman selama ini dan dari teman-teman yang sudah berhasil dalam beternak burung kenari ukuran kandang yang cukup ideal menurut saya adalah 50x50x50 cm. Meskipun ukuran yang lebih kecil juga ada beberapa teman yang berhasil, namun untuk ukuran tersebut diatas dinilai cukup ideal untuk pergerakan burung agar lebih leluasa dan sehat.

Umur ideal burung kenari
Umur ideal untuk burung kenari local biasanya sudah mulai dapat dikawinkan untuk betina pada umur mulai 6 bulan keatas, sedangkan untuk jantan burung kenari ideal umur mulai birahi biasa diatas 8 bulan hingga diatas umur 12 bulan. Agak sedikit berbeda untuk burung kenari keturunan Yorkshire ataupun impor biasanya umur yang diperlukan sedikit lebih tua lagi, dimana untuk betina biasa diatas umur 12 bulan dan jantan diatas umur 18 bulan, namun hal ini tidak menjadi patokan, karena semua tetap tergantung dari burung itu sendiri dan kualitas pemeliharaan dan kualitas pakan yang diberikan selama masa perkembangan dari anak hingga dewasa.
Penentuan jenis kelamin burung kenari
Pada umur satu hingga dua bulan, burung kenari sudah dapat diketahui jenis kelaminnya, jika betina pada alat kelaminnya atau biasa kita sebut pentilnya, cenderung lebih pendek dibanding dengan alat kelamin pada jantan yang lebih ramping dan lebih panjang. Nah pada usia diatas tiga empat bulan menentukan jenis kelamin akan lebih mudah lagi, karena untuk burung kenari jantan yang berkualitas pada umur tersebut biasanya sudah mulai belajar ngiriwik walau masih terputus-putus. Bahkan ada pengalaman beberapa teman sesame peternak kenari bahwa dari umur dua bulan pun sudah ada anakan yang mulai belajar ngiriwik.

Hal inilah yang juga sangat menentukan dalam mengetahui jenis kelamin dari burung kenari, sehingga kita sudah dapat memperlakukan hal yang berbeda pada burung kenari jantan dan betidan. Dimana untuk yang jantan jika sudah mulai ngiriwik, ada baiknya mulai dipisahkan dari kelompoknya agar lebih cepat bisa berbunyi kencang, sedangkan yang betina bisa tetap dipelihara dalam koloni atau berkelompok dengan betina lainnya.

Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat


Masa penjodohan

GABUNG SEKARANG YUK, GRATIS TUTORIAL CARA CARI UANG DI INTERNET
PropellerAds
Masa-masa burung kenari sudah mulai birahi adalah saat sang jantan sudah mulai sering bernyanyi jika melihat sang betina, bahkan cenderung selalu ingin untuk mengejarnya. Untuk mengetahui sudah siap kawin atau belum, atau sudah berjodoh atau belum, kita bisa dekatkan dulu antara kandang sang betina dan kandang sang jantan, jika sudah tampak akur dimana tidur sering berdampingan, dan bahkan setiap sang jantan berkicau dan sang betina membungkukkan badannya, hal ini adalah pertanda bahwa kedua-duanya sudah birahi dan sudah siap untuk kawin. Proses penjodohan ini bisa memakan waktu 2 atau 3 hari atau kadang satu minggu tergantung kondisi kedua calon indukan burung kenari tersebut.

Masa kawin dan bertelur

Jika kedua calon indukan sudah benar-benar siapa, maka saat disatukan, tidaklah memakan waktu yang lama, paling satu atau dua hari juga pasangan tersebut sudah kawin, atau bahkan sering juga jika keduanya sudah benar-benar birahi, maka pada saat sang jantan dimasukkkan kedalam kandang tempat kawin, maka sang jantan langsung berkicau dan sang betina langsung membungkukkan badanya, sehingga langsung terjadi perkawinan.
Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat

Tidak lama setelah terjadi perkawinan, selang satu atau dua hari kemudian, biasanya sang betina sudah langsung bertelur. Dimana jumlah telur yang dihasilkan setiap hari satu butir telur biasanya akan bertelur dua atau tiga butir saja, meskipun ada juga teman-teman peternak yang sampai lima butir telurnya.

Cara beternak dan memilih calon indukan burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat
Masa pengeraman dan penetasan
Masa pengeraman burung kenari yaitu normalnya selama 12 hari, dimana saat pengeraman berumur satu minggu, telur yang berisi dan tidak kosong sudah dapat kita lihat, dari kasat mata tanpa dipegang juga sudah terlihat dari warna putihnya yang agak cenderung tidak cemerlang lagi,dan jika kia penasaran dapat juga kita teropong dengan menggunakan senter, jika warna didalamnya gelap, maka berarti terlur tersebut berisi dan berhasil dibuahi, namun jika warnanya terang atau terlihat tembus, maka berarti telur tersebut kosong atau tidak terjadi pembuahan.
Jika ada dua atau tiga telur didalamnya,maka telur yang kosong sebaiknya kita singkirkan saja, namun hal ini juga perlu kita perhatikan, jika untuk pertama kalinya bertelur, sebaiknya sang indukan jangan diganggu, hal ini untuk menghindari sang indukan enggan mengermi lagi telurnya atau sering juga malah membuang telurnya. Namun jika kita sudah hapal dengan kebiasaan sang indukan yang tidak merasa diganggu, maka hal ini bisa kita terapkan.
Masa penetasan
Setelah 12 hari atau kadang juga lebih satu atau dua hari, tergantung juga dari kondisi cuaca atau musim,  telur akan menetas, dan sang indukan burung kenari, baik jantan maupun betina, kedua-duanya akan saling bergantian dalam menyuapi anakannya. Namun banyak dari teman-teman peternak yang memisahkan sang jantan disaat sang betina mulai mengeram dua atau tiga hari, hal ini dikarenakan biasanya sang jantan akan dikawinkan dengan betina yang lainnya yang sudah siap kawin. Karena umumnya peternak memiliki betina lebih banyak dari burung kenari jantan, biasanya yang ideal menurut pengalaman adalah 1 dibanding 3, dimana setiap satu jantan dapat mengawini tiga betina, walau bisa juga lebih dari tiga betina.
Masa pemisahan anak dan pembesaran
Anakan sudah dapat dipisahkan dari sang indukan adalah pada umur satu bulan, dimana sang anakan sudah dapat memakan makannya sendiri, oleh karena itu penting untuk kita mengamati anakan apakah sudah dapat memakan makanannya sendiri, dengan mulai mematuk matuk baik itu biji-bijian maupun telur puyuh yang sudah intens dan sering kita berikan disaat indukan mulai dikawinkan.

Nah pada saat anakan sudah beberapa hari terlihat bisa makan sendiri, saat itu kita sudah bisa memisahkan sang anak dari induknya untuk bisa kita besarkan terpisah. Dan sang induk bisa kita pisahkan untuk  beristirahat dan bisa untuk dikawinkan kembali sambil menunggu kondisinya pulih dan sehat kembali.

Dari indukan yang baik dan cara pemeliharaan yang baik pula, maka pada akhirnya akan diperoleh juga hasil anakan yang sehat dan mengikuti trah indukannya yang biasa menang di perlombaan.

Demikian ulasan mengenai Cara beternak burung kenari agar menghasilkan anakan yang sehat dan berkualitas. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman yang akan memulai dalam beternak burung kenari, dan semoga berhasil, sekian dan terimakasih.
MAU BELAJAR BISNIS ONLINE GRATIS? DAPATKAN VIDEO TUTORIAL BISNIS ONLINE GRATIS SEKARANG JUGA LANGSUNG KE ALAMAT EMAILMU? KLIK AJA GAMBAR DIBAWAH INI, GRATIS KOK !!
SEBENTAR SAJA, ANDA SUDAH PUNYA WEBSITE

//deloplen.com/afu.php?zoneid=1902675